Akreditasi adalah suatu bentuk pengakuan pemerintah terhadap suatu lembaga pendidikan swasta. Prodi D-III Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo telah melaksanakan proses akreditasi oleh LAM-PTKes (Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia pada tanggal 3-4 Juni 2016. Kegiatan akreditasi dihadiri oleh seluruh dosen Fakultas Ilmu Kesehatan UMSIDA, karyawan dan perwakilan mahasiswa dari tiap angkatan. Asesor LAM-PTKes yang ditugaskan dalam kegiatan akreditasi ini adalah Ika Sumiyarsih Sukamto, S.ST, M.Kes dari Universitas Sebelas Maret Surakarta danĀ  Mardiani Bebasari, S.ST, M.Keb dari Poltekkes Kemenkes Padang.

Acara diawali dengan pertemuan dan ramah tamah di kampus 1 UMSIDA. Asesor diterima oleh Wakil Rektor 1, 2, 3 serta jajaran Kepala Biro (BAA, BAU, BAK) dan BPM. Berikutnya agenda kegiatan dipusatkan dikampus 4. Pembukaan akreditasi diawali dengan presentasi oleh Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Sri Mukhodim Faridah Hanum, S.ST, MM, M.Kes dan Kaprodi D-III Kebidanan Evi Rinata, S.ST, M.Keb. Acara selanjutnya adalah pengecekan dan validasi dokumen fisik serta peninjauan sarana prasarana pendukung. Banyak yang dipersiapkan sebelum akreditasi termasuk menyiapkan dokumen-dokumen penting yang masuk di standar 1-7. Selain validasi dokumen, mahasiswa juga mempunyai peran dalam akreditasi yaitu pada sesi wawancara. Wawancara pada mahasiswa mengenai suasana belajar, kelengkapan sarpras akademik, kepuasan belajar, fasilitas kemahasiswaan, proses ujian praktek, dan kegiatan praktek klinik kebidanan. Selain dengan mahasiswa asesor juga melakukan wawancara dengan alumni dan stakeholder

Hari ke-2 akreditasi asesor melakukan kunjungan ke lahan praktek yaitu ke RS Siti Khodijah Sepanjang dan RB Afifah di Prambon. Kunjungan ke lahan praktek ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran langsung terkait manajemen dan pengelolaan pendidikan di RS, mutu dan kecukupan SDM (preseptor), sarana prasara, kecukupan jumlah pasien dan variasi kasus serta pengamatan kegiatan pembimbingan selama mahasiswa praktik. (Evi&Mitha)

Related Post